Perjuangan Membuat Paspor: Lain Dulu, Lain Sekarang

Sep 1, 2018

Perjuangan Membuat Paspor: Lain Dulu, Lain Sekarang


Assalamualaikum


HAE!
Kali ini mau cerita tentang pengalaman bikin paspor (lagi) alias mau perpanjang paspor. Wah nggak berasa ternyata udah hampir 5 tahun ya, Itu artinya postingan ini juga udah hampir 5 tahun. Ckckck sudah tua sekali kau, nak... *pukpuk blog*

Sebenernya masa berlaku paspornya masih sekitar 5 bulan lagi, yang artinya pun udah nggak bisa dipake kemana-mana dan emang belum tau mau kemana-mana, tapi karena pak bos besar minta temenin bikin paspor akhirnya terbesit keinginan untuk sekalian aja. FYI, kita bikin paspornya di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Timur. Alamatnya gugel sendiri aja yes..



Dan ternyata eh ternyata, proses pembuatan paspor yang sekarang tuh beda. Iya beda. Kayak indomie. Dulu makan 1 bisa berdua, sekarang makan dua buat sendiri. *lah?
Macem boleh makan mie instan aja lu, ki.. -___-

Kiri: Dulu, Kanan: Jaman Now

Apa sih bedanya?

Sebelumnya mau ngingetin dulu syarat-syarat pembuatan paspor nih:

  1. E-KTP asli + fotokopi di kertas A4 jangan dipotong.
  2. Kartu Keluarga asli + fotokopi
  3. Akte kelahiran / ijazah / buku nikah asli + fotokopi. (Pilih salah 1 aja untuk rujukan nama paspor)
Khusus untuk yang mau perpanjang, cukup bawa E-KTP sama paspor lama asli + fotokopiannya.

Untuk paspor biasa 48 lembar sekarang Rp355.000.
Sedangkan untuk e-passport Rp655.000.


Okeh, lanjut gaes.


Berikut adalah 5 perbedaan cara pembuatan paspor jaman dulu dan jaman sekarang. Nomor 4 akan membuat anda tercengang!
(Udah kayak headline berita jaman sekarang belom? HAHAHAHA)


1. Antrian Online
Sekarang kalo mau bikin paspor kudu ambil antrian onlen dulu di https://antrian.imigrasi.go.id/ atau pake aplikasi "Antrian Paspor" yang bisa didownload di Play Store.

Jadi sekarang katanya sih udah nggak ada antrian yang walk in gitu. Kalo udah ambil antrian online, pastiin kalian beneran dateng pas hari H kalo emang niat pengen bikin paspor. Soalnya entah 1 akun atau 1 email itu cuma bisa dipake sekali ambil antrian. Kalo batal, artinya harus bikin akun lain.
Gitoooh..

Setelah itu jangan lupa disimpen bukti layanan antriannya, diinget-inget kode booking sama waktu kedatanganya. Disarankan untuk dateng 15 menit sebelum waktu kedatangan yang diminta ya.
Misal disuruh dateng jam 11, berarti untuk ikut antrian yang jam 11 itu kita harus udah dateng minimal 15 menit sebelum jam 11 untuk ngisi kuota formulir yang dikasih sama petugas di Customer Service.
Okeh, bos?



2. Surat pernyataan bermaterai
Kalo dulu, cuma ngisi formulir surat perjalanan yang banyak kotaknya itu, kalo sekarang ada tambahan ngisi surat pernyataan ditambah materai. Buat yang nggak bawa materai nggak usah gundah gulana gelisah merana meratapi semua yang ada, soalnya di tukang fotokopian deket kantin ada yang jual. Di luar kantor imigrasi juga ada yang jualan materai kok.


Formulir kotak-kotak sama surat pernyataannya bisa diambil di Customer Service. Jadi, pas dateng langsung cari CS aja.


3. Ambil nomer antrian lagi
Setelah jam menunjukkan pukul 11 teng, dan semua formulir udah diisi, kita langsung antri kesini untuk ambil nomer antrian sekaligus ngecek kelengkapan dokumen persyaratan.


Sayangnya waktu itu petugas di sini agak jutek. Yang cewek, yang cowok juga. Mestinya sih sebagai orang yang kerja di bagian pelayanan jangan kayak gitu lah ya. Toh kita yang dateng ini kan bikin paspor jarang-jarang, nggak kayak mandi yang udah jadi rutinitas tiap hari. Wajar aja kalo ada yang bingung, atau kurang kelengkapannya. Jangan dijutekin atuh, mas mbak..


4. Antrian  yang seperti kasih ibu
Setelah ambil nomer antrian, langsung naik ke lantai 2 untuk antri input data, foto, wawancara, sama scan sidik jari. Bedanya sama sistem yang dulu, kalo sekarang (atau cuma di sini doang?) nggak ada pos-posnya gitu loh. Jadi alurnya gini:

Antri dulu - Antri terus - Antri lagi - Masih antri - Terus antri - Dipanggil - Nungguin  petugasnya Input Data - Antri Lagi - Foto + Wawancara + Scan sidik jari



Ya, gaes.
Antrinya super lama.
Waktu itu, ambil nomer sekitar jam 11 dapet antrian nomer 158, terus langsung ke atas. Ternyata yang dipanggil baru nomor 80an. Terus dari 7 konter yang tersedia, cuma sekitar 4 konter yang ada petugasnya. Tapi ada 1 konter yang buka tutup ilang-ilangan juga sih.
Jam setengah 12 ada satu konter yang udah nggak terima pelayanan.
Jam 12 sampe jam 1 istirahat makan siang.
Hiks.. Sedih akutuh...




Abis makan siang, masih cuma 3 konter yang buka. Dan diduluin untuk antrian prioritas (ibu hamil, anak-anak, lansia, orang sakit gitu kalo nggak salah).
Sekitar jam 2 lewat baru deh ada 5 konter yang buka. Setelah itu antrian mulai agak cepet.
Dan akhirnya jam setengah 4 barulah nomer kita dipanggil.
Huuuuuuffffffffffffttttttthhhhhhhh....
Kudu stok sabar sama cemilan yang banyak deh pokoknya.

Sayangnya karena pak bos cuma bawa buku nikah, e-ktp, sama KK, paspornya nggak bisa langsung diproses. Karena buku nikah dan KKnya keluaran baru banget, jadi harus bawa dokumen lain yang udah agak lama untuk referensi namanya.
Disuruh balik lagi besok bawa akte kelahiran.

JLEB!

Langsung kebayang antrian yang seperti kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa itu ya kan. Seolah kayak bisa baca pikiran kita, mbaknya langsung bilang, "Besok datengnya pagi aja langsung ke saya jam 9an nggak usah ngantri lagi."


Akhirnya yang diproses cuma punya diriku yang untuk perpanjangan jalan kenangan.
Sempet ngobrol dikit sama petugasnya, ternyata katanya emang mereka setiap hari kayak gitu. Makanya bisa sampe sore. Bahkan malem.
WOW.
Mestinya sih bisa loh mbak pulang tepat waktu..
Mestinya..
*PLAK! Sotoy!*

Abis itu kita bayar deh. Bisa di bank, bisa di ATM, bisa juga di mobil POS Indonesia yang ada di depan kanim.


5. Pengambilan Paspor Nggak Sampe 5 Menit
Setelah 3 hari kerja, kita bisa WA ke nomer 08111477756 untuk konfirmasi apa paspor kita udah jadi atau belom. Kalo dibilang udah jadi, kita bisa langsung ke kanim buat nyerahin bukti pembayaran + kertas yang ada barcodenya ke petugas jaga yang ada di depan. Abis itu ke ruangan pengambilan paspor, tunggu nomernya dipanggil, cek paspornya, tanda tangan bukti pengambilan, abis itu cuss pulang deh.


Akhirnyaaaaaaaaah....


Mestinya semakin canggih teknologi dan semakin berkembangnya jaringan informasi, pelayanan publik harusnya semakin bisa memudahkan masyarakat juga ya. Tapi jadi mikir juga sih, mungkin sistem online itu memudahkan, dimana kita bisa input data kita mandiri, terus tinggal dateng ke kanim terdekat untuk verifikasi data, foto, wawancara, sidik jari, terus selesai. Simple. Mudah. Cepet.
Tapi di sisi lain, hal itu bisa jadi mengurangi SDM yang dipekerjakan. Eh, iya gak sih? Ya setidaknya, kalo bisa memudahkan kenapa harus dipersulit? Ketika ada hal yang emang nggak perlu, nggak usah diperlu-perluin gitu. He... *nyengir kuda*

Ya mudah-mudahan yang terbaik aja deh untuk kedepannya..


Wassalamualaikum




0 comments :

Post a Comment

Maaf, wanita cantik yang anda hubungi sedang berada di luar jangkauan. Silakan tinggalkan pesan anda. Atau kirimkan pulsa ke nomor baru saya. Jangan ditelepon. Saya sedang di rumah pak polisi. Terima kasih :)