Setelah SK CPNS di Tangan..

May 22, 2019

Setelah SK CPNS di Tangan..


Assalamualaikum

Hae.
Akhirnyaaaah..
Setelah 3 kali purnama pengumuman pembagian SK datang jugaaaaa..


Hari itu, Senin 29 April 2019, tepat 3 bulan 8 hari setelah hari pemberkasan, di sebuah sore yang mendung-mendung galau, berhembus angin segar untuk kami para pengangguran yang sudah lelah ditanya-tanya orang apa bener lulus ujian?

Disebutkanlah bahwa penyerahan SK tahap 1 berbarengan dengan upacara Hari Pendidikan Nasional di Monas tanggal 2 Mei 2019 pukul 07.00.

Loh? Tahap 1?

Emang ada tahap 2?

Iya, jadi kayaknya proses penerbitan SKnya belum selesai secara keseluruhan. Jadi untuk tahap 1, yang dipanggil kurang lebih sekitar 2800an orang dari 3000an formasi. Jadi kurang lebih 200an orang sisanya masuk ke penyerahan tahap 2.


Gitu.


Tapi walaupun dibagiinnya tanggal 2 Mei 2019, di SK tetep ditulis kita diangkatnya per 1 Maret 2019. Jadi NIP kita 201903 bukan 201905.
Gitu..
Ngerti gak?
Nggak ya? Yaudah deeeh...


Jadi buat yang lulus ujian CPNS, tapi masih kerja di tempat yang lama, mending jangan buru-buru resign. Kecuali kalau mau ngerasain liburan dulu, ya gapapa. Saran aja sih, mending resignnya nunggu progres pertek (pertimbangan teknis) NIP di BKN sampe angka 90%-an. Makanya kudu rajin-rajin liat perkembangan pertek NIP di webnya BKD. Soalnya berdasarkan pengalaman, kemaren pas udah di angka 92% mandek agak lama, terus udah buru-buru balik ke Jakarta, eh ternyata nunggunya masih sebulan.
Sebagai pengangguran profesional, aku merasa tersia-siakan. Hiks.


Tapi itu kan pengalaman tahun ini, entah tahun berikutnya kayak gitu lagi atau nggak kan ya kita nggak tau.


Terus setelah itu ngapain lagi?

Setelah melalui ujian kesabaran yang begitu panjang nan melelahkan, ternyata masih ada berbagai rangkaian proses administrasi yang rumit dan berbelit. Da kita kirain mah udah lulus tes enak yak. Di bayangan orang-orang awam macem pemilik blog ini mah udah enak tinggal ongkang ongkang kaki sampe pensiun, nyatanya tidak seindah kisah cinta Dilan Milea.

Jadi setelah  surat sakti alias SK di tangan, kita harus langsung lapor ke dinas masing-masing. Contohnya kalo guru langsung fotokopi SKnya terus dibawa ke dinas pendidikan. Hari itu juga. Selesai upacara. Setelah lapor ke dinas, abis itu juga langsung lapor ke unit kerja masing masing, contohnya kalo diterima di SMP 987 Jakarta ya berarti harus langsung ke sana. Harus hari itu juga untuk rekam sidik jari untuk absen dan juga ngurus administrasi termasuk tarik data dapodik (buat yang udah punya).
Pupuslah sudah bayangan ngelurusin pinggang di kasur empuk setelah upacara sambil panas-panasan..

Bisa dibayangkan betapa dekil de kumelnya para calon pegawai yang lapor diri setelah mengarungi panasnya upacara di monas dilanjutkan lapor diri dan antri fotokopi sana sini.. Tapi alhamdulillah hari itu juga, per 2 Mei 2019, kita sudah resmi jadi pegawai DKI..
Haseeeeek..

SK CPNS alias 1 lembar kertas yang bisa disekolahin dengan harga 250juta


Karena TMT (Tanggal Mulai Tugas)nya 2 Mei yang notabene adalah hari Kamis, maka 3 Mei yang merupakan hari Jumat kami udah mulai masuk kerja seperti pekerja pada umumnya. Makanya buat yang emang udah yakin lolos tes CPNS dan pemberkasan lengkap tanpa masalah, kalo bisa udah mulai nyicil beli baju seragam. Karena pengumuman di DKI itu hampir sama kayak supir bajaj, cuma mereka dan Allah yang tau kapan mau ngumuminnya. Suka dadakan gitu emang..
Ya kan daripada kelabakan terus akhirnya pinjem baju ibunya kan...

Iya, seragam beli sendiri.

Oke lanjut. Di tengah sibuknya perkenalan di dunia sekolah, kita masih harus membagi waktu untuk mengurus administrasi kepegawaian dan juga menghadiri berbagai pengarahan dari dinas dan sudin.

Diurutin dari setelah bagi SK dan lapor diri ya (mudah-mudahan ndak ada yang kelupa):
  • Lapor diri ke kepala seksi pendidikan di kecamatan setempat
  • Lapor ke suku dinas pendidikan di walikota
  • Ambil kartu ATM (Pembuatan rekening kolektif ya, jadi gak perlu pusing bikin sendiri)
  • Pengarahan di Dinas Pendidikan
  • Pengarahan pengisian buku kuning pegawai di Suku Dinas Pendidikan
  • Ambil buku tabungan di bank DKI cabang yang udah ditentukan
  • Ambil SPMT (Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas)
  • dan masih banyak lagi rangkaian proses yang harus dijalanin untuk bisa naik dari 80% jadi 100%. Diantaranya: Latsar, induksi, PPJG, dan segala macem istilah yang pemilik blog ini juga masih belum tau itu apa dan gimana prosesnya... 
Ini penting banget dan harus disimpen sampe pensiun katanya


Ya intinya sih masih harus berjuang. Harus kuat fisik, mental, dan ongkos buat lari-lari ke sana kemari. Jangan dibayangin yang enak-enak dulu lah. Bahkan gaji pertama yang 80% itu udah abis buat beli seragam sama ongkos bolak balik ngurusin keperluan..
Hiks.
HAHAHAHAHA..
TKD ayolah ke sini..


Wassalamualaikum


3 comments :

  1. ya ampun nenk pa kabar woy hahahhahhahah
    skrg udh jd guru mtk yaaaaaaaaa???

    masyaAllah banget dlu msih ngoceh2 seputaran kuliahan ahahahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kak wkwkwk kudu jaga wibawa nih

      Delete

Maaf, wanita cantik yang anda hubungi sedang berada di luar jangkauan. Silakan tinggalkan pesan anda. Atau kirimkan pulsa ke nomor baru saya. Jangan ditelepon. Saya sedang di rumah pak polisi. Terima kasih :)