Perjalanan Mencari Dokter Kandungan/Obygn

Jan 26, 2019

Perjalanan Mencari Dokter Kandungan/Obygn


Assalamualaikum

Sebagai calon orang tua baru, yang paling bikin pusing setelah ngeliat dua garis terpampang nyata di tespek adalah mencari dokter kandungan. Karena minim pengalaman, pastinya the power of google yang diandalkan kan? Oleh karena itu, yang punya blog ini mau sharing sedikit tentang dokter kandungan yang pernah ditemui selama tahun 2018 kemaren.

Untuk mencari dokter kandungan yang baik, konon katanya harus memenuhi berbagai syarat berikut:
  1. Pro kelahiran normal
  2. RUM (Rational Use of Medicine)
  3. Pro IMD (Inisiasi menyusui dini)
  4. RSnya mendukung rooming in.
Dan tambahannya biasanya: dokter kandungannya harus perempuan + menenangkan alias ndak bikin panik.

Oke, kita mulai.
Disclaimer: Tulisan ini bersifat subjektif. Kadang buat kita oke, belum tentu buat orang lain. Pun begitu sebaliknya. Namanya juga rekomendasi.


1) dr. Sitti Fausihar (RS Hermina Jatinegara)
Februari 2018, saat pertama kali tau tespek bisa nongol garis 2, pak kepala negara langsung cari-cari dokter yang bagus. Alhasil ketemulah kita dengan dr. Sitti Fausihar yang konon katanya dokter perempuan terlaris seantero RS Hermina Jatinegara. Dokternya ndak pake hijab, gaul, ramah, pinter dan to the point kalo menyampaikan sesuatu. Nah yang terakhir itu bisa jadi nilai positif, bisa juga jadi nilai negatif. Apalagi untuk calon orang tua baru yang lagi antusias liat tespek garis 2. Waktu itu kita dapet kabar yang kurang enak, dan cara penyampaiannya pun bikin hati adek terpoteque seketikah. Suspect blighted ovum (hamil kosong) katanya. Nanti kapan-kapan insya Allah diceritain okeh..

Akhirnya kita cuma dua kali ketemu sama dr. Sitti. Selain karena cara penyampaiannya yang kurang sreg di hati, antriannya pun menyayat hati sanubari.. Hiks. Kita butuh dokter yang menenangkan, seburuk apapun kenyataan.



2) dr. Fakriantini Jaya Putri (RSIA Kemang Medical Care)
kemangmedicalcare.com

dr. Fakhriantini alias dr. Eni sebenernya adalah second opinion kita karena dapet kabar kurang baik di tempat sebelumnya. Perjalanan menemukan dr. Eni pun ndak seribet sebelumnya. Tanpa pake gugling, langsung dateng ke RS, dan asal nunjuk cari yang lebih tua dengan harapan bisa lebih baik.

dr. Eni ini berhijab, super ramah, gaul, bisa ditanya apapun, bisa di Whatsapp, dan yang paling penting menenangkan. Yap, ini cukup penting buat orang yang gampang panik macem pemilik blog ini. Walaupun akhirnya kabarnya ndak berubah jadi baik, setidaknya cara penyampaiannya ndak bikin kita jadi panik sih.

Sama dr. Eni ngerasain yang namanya kuret (nanti lengkapnya insya Allah diceritain kalau lagi ada kemauan disitu ada jalan), sampe hamil usia 26 minggu kalo gak salah. Diterusin sama beliau karena emang ngerasa udah klik dan juga suasana rumah sakitnya yang super nyaman + nunggunya ndak terlalu lama.



3) dr. Ade Irawan (RSIA Asy-Syifa Sangatta)


Ketemu dr. Ade pun karena ndak sengaja. Waktu itu dapet garis dua waktu ikut suami ke Sangatta. Karena mau lebaran dan kudu naik pesawat, makanya nyari rumah sakit untuk minta penguat. Konon katanya RSIA Asy-Syifa ini lah yang bagus. Tadinya mau ketemu dr. Rahmat, pemilik RS ini. Tapi ternyata beliau udah keburu cuti. Akhirnya ketemu lah dengan dr. Ade.

RS di Sangatta sama RS di Jakarta sungguh amat sangat jauh bedanya. Di sana masih tradisional banget gitu. Tapi dokternya lumayan baik dan nenangin.



4) dr. Febriansyah Darus (RSIA Kemang Medical Care)
kemangmedicalcare.com
Masuk trimester 2, bapak kepala negara udah kepo pengen usg 4D. Alhasil bilang ke dr. Eni, terus direkomendasiin ke dr. Febriansyah yang ahli fetomaternal. Jadi fungsi usg 4Dnya bukan cuma buat keren-kerenan ya sodara-sodara sebangsa dan setanah air. Tapi beneran di screening supaya bisa liat ada kelainan atau nggak. Gitu loh..

dr. Febriansyah ini orangnya super stylish, pinter, penjelasannya super detil, tapi agaknya cara penyampaiannya mirip dr. Sitti. Yah mungkin karena belum kenal ya..



5) dr. Diana Mauria Ratna Asih (Brawijaya Women and Children Hospital)


Usia kehamilan 29 minggu, bapak kepala negara minta ganti RS. Akhirnya pindahlah ke Brawijaya di Antasari. Yak, makin jauh aja pengembaraannya. Bertemulah dengan dr. Diana pilihan sang kepala negara yang konon katanya jahitannya rapi. Alasan apa pula ini. -____-

dr. Diana ini berhijab, orangnya ramah, friendly banget meskipun sama orang baru, penjelasannya detil. Tapi sayangnya datengnya suka telat. Misal dijadwal praktek jam 11, nanti jam setengah 1 baru dateng gitu. Ya positive thinking aja, mungkin abis ada tindakan ya kan..
Dan untuk pelayanan RSnya, saya pribadi lebih suka di RS sebelumnya sih, selain karena terkendala jarak, dokter-dokter di RS sebelumnya bisa langsung kita hubungin tanpa perlu lewat perantara bidan. Gitu.


6) dr. Achmad Mediana (RSIA Kemang Medical Care)
kemangmedicalcare.com
Pun karena ketidaksengajaan lagi, akhirnya semesta mempertemukan kita dengan dr. Achmad. Balik lagi ke KMC karena suatu hal, dan milih dokter yang praktek paling pagi.

dr. Achmad ini orangnya ramah dan santai banget. Bahkan saat nyampein kabar kurang baik sekalipun. Selain itu beliau sangat sangat pro normal. Alhamdulillah bisa ketemu sama beliau, jadi bisa lahiran normal meskipun tadinya agak ragu karena minus mata lumayan. Yap, beliau bisa meyakinkan kalo bisa normal, yang penting santai, sabar, dan dibawa happy supaya cepet pembukaan. Alhamdulillah semuanya lancar dan bisa normal dibantu bidan Flora Frederica yang luar biasa.

Selama perawatan beliau nengokin dan nyemangatin. Keliatan kalo beliau kerjanya pake hati deh. Berasa loh orang yang mencintai pekerjaannya sama nggak. Apalagi di bidang pelayanan kayak gini. Pun beliau sangat pelit ngasih obat. Di saat dokter lain sibuk ngasih obat untuk pemulihan, beliau cuma bilang, "HARUS HAPPY" dan "TURUNIN BERAT BADAN." Kalo nggak turun-turun nanti dimarahin sama beliau. Udah kayak bapak sama anak.

Pantes fansnya banyak.
Termasuk yang punya blog ini.


Wassalamualaikum



0 comments :

Post a Comment

Maaf, wanita cantik yang anda hubungi sedang berada di luar jangkauan. Silakan tinggalkan pesan anda. Atau kirimkan pulsa ke nomor baru saya. Jangan ditelepon. Saya sedang di rumah pak polisi. Terima kasih :)