Pengalaman Blighted Ovum (BO) Berakhir dengan Kuret

Jan 28, 2019

Pengalaman Blighted Ovum (BO) Berakhir dengan Kuret


Assalamualaikum


Tahun 2018 adalah tahun yang sangat luar biasa. Tahun penuh air mata, ujian, dan pengalaman. Salah satu pengalaman yang pengen diceritain di sini adalah pengalaman ngerasain hamil selama setahun. Tulisan ini dibuat semata-mata untuk memenuhi mesin pencarian google. Biar yang ngalamin ini, yang lagi cari-cari info tentang ini, tau kalo kamu nggak sendirian, gaiiis...


Oke kita mulai..


Jadi gini...


2 Desember 2017 yang punya blog ini sama mamasnya nikah kan. Terus Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)-nya itu adalah tanggal 27 Desember 2017. Terus di bulan Januari ternyata tamu bulanan ndak datang-datang. Mulai lah mamasnya sibuk suruh cari testpack. Tadinya sih masih tenang-tenang aja karena emang biasa jadwal tamunya suka mundur. Tapi akhirnya yaudah lah nurut aja kata suami. Beli testpack, terus nyari tau gimana cara makenya. Hahaha ya namanya juga baru pertama.

Pagi-pagi sebelum sholat subuh langsung berniat nyoba testpacknya dengan deg-degan. Konon katanya cara pake testpacknya pagi di urin pertama biar hasilnya lebih akurat. Yaudah nurut aja. Daaaaaaan......

JENGJENGJENG!!!
Garis dua!

Bahagia banget rasanya waktu itu. Langsung kebayang-bayang gimana senengnya mau jadi ibu.
Setelah mamase cari-cari dokter kandungan perempuan yang bagus di sekitaran Jakarta Timur, minggu depannya kita langsung cuss ke RS Hermina Jatinegara. Ketemulah kita dengan dr. Sitti Fausihar, SpOG, yang katanya adalah salah satu dokter favorit di RS ini. Setelah melewati antrian yang begitu panjang dan melelahkan, ternyata hasil yang didapet kurang memuaskan. Dokternya ramah sih, masih muda, tapi agak buru-buru dan to the point banget. Sebagai orang yang belum punya pengalaman, pengetahuan, dan kesiapan mental, menghadapi kenyataan bahwa kehamilan pertamanya nggak baik-baik aja tuh rasanya gimanaaaaa... gitu.

Obat kecil yang mahal dan mengerikan.
Kalo sampe gagal masukin bisa menimbulkan penyesalan.

Waktu itu usia kandungan 7 minggu. Tapi pas di USG abdomen belum ada titik (janin), cuma ada kantong kehamilannya aja. Dokter bilang kemungkinan Blighted Ovum. Disuruh balik 2 minggu lagi untuk liat perkembangannya sambil dikasih obat penguat yang dimasukin lewat an*s.
Hancurlah hati awak waktu itu...

Blighted Ovum (kehamilan anembrionik atau kehamilan kosong) adalah kondisi yang muncul ketika sel telur yang dibuahi menempel di dinding uterus, tapi tidak berkembang menjadi embrio.

2 minggu kemudian (1 Maret 2018), ketemu dokter lagi. Kali ini USGnya transvaginal yang rasanya ngilu-ngilu risih. Dan ternyata hasilnya nggak berubah. Masih belum ada janin, padahal harusnya di usia 9 minggu udah ada detak jantungnya.


Makin hancurlah hati awak...


Langsung aja dong ditawarin 3 alternatif sama dokter, mau kuret, pake obat, atau dibiarin keluar sendiri. Kuret cuma sebentar katanya, tapi langsung bersih. Kalo pake obat bakal sakit banget mules-mules, tapi belum tentu bersih. Pun nanti kalo ada yang ketinggalan kudu dikuret juga. Kalo dibiarin keluar sendiri ya mungkin waktunya agak lama. Karena tubuh kita akan mendeteksi kantong kehamilan itu sebagai benda asing yang nantinya pelan-pelan bakal keluar sendiri.

Akhirnya pulang dulu untuk mikir-mikir untuk cari second opinion. Selain karena ngerasa baik-baik aja, nggak ada flek atau tanda-tanda mencurigakan, masih berharap kalo si dedek emang berkembang tapi ya agak lama. Karena kalo liat forum ibu hamil ada juga yang baru keliatan pas di minggu 12. Masih berusaha untuk positive thinking..

3 Maret 2018 mamase ngajak periksa ke Kemang Medical Care. Tanpa liat review-review dokter mana yang bagus, langsung aja pergi kesana terus liat dokter mana aja yang ada. Asal perempuan. Akhirnya bertemulah kita dengan dr. Fakriantini Jaya Putri, SpOG. Dokter gaul yang ramah banget dan menenangkan. Ini salah satu hal yang penting sih buat orang yang emang suka panikan.

Lagi-lagi ngerasain yang namanya USG transvaginal. Antara pengen protes, tapi penasaran. Dan yak, hasilnya masih tetep sama. Belum ada titik janin, cuma ada kantong kehamilan. Disuruh balik 2 minggu lagi, dikasih oleh-oleh vitamin dan penguat kandungan.

2 minggu kemudian obatnya abis, tapi belom mau ke dokter. Semacam udah pasrah. Setelah hari itu mulailah flek sedikit-sedikit dan mules. Sampe akhirnya tanggal 24 Maret 2018 ketemu dokter lagi dan di USG transvaginal lagi, dan didapati kenyataan bahwa kantong kehamilannya mulai luruh.
Sekali lagi, hancurlah hati awak...

USG 12w. Sebenernya udah ada titik, tapi kantong kehamilannya mulai luruh.
Seeeee...genap hatiku luruh lantah mengiringi dukaku yang kehilangan dirimuuuu~ Ada yang masih inget itu lagu apa? *LAH SALFOK -___-*

Setelah negosiasi bikin janji sama dokter, akhirnya tanggal 28 Maret 2018 sore masuk kamar bersalin. Bukan buat lahiran, tapi buat dipasang berbagai macam alat penyiksaan sebelum dikuret. Dipasang kateter untuk pipis, infus, dan laminaria untuk buka jalan lahir. Ngerasain yang namanya kaki ngangkang di atas alat yang kayak tapal kuda. Jangan ditanya gimana rasanya. Seumur-umur baru pertama kali ini ngerasain dirawat di RS. Ngerasain diinfus, dipasang kateter sama laminaria.
GAK ENAK DEH BENERAN.
Dan malu banget.

Dilatasi dan Kuretase (D & C) adalah operasi rahim untuk wanita dengan masalah menstruasi, hamil, kontrasepsi, keguguran atau polip, atau setelah melahirkan.

Semaleman tidur nggak nyenyak karena berkali-kali perut kayak diputer-puter tiap berapa menit sekali, yang kemudian diketahui bahwa itu namanya adalah kontraksi sodara-sodara. Paginya harus puasa selama 6 jam dulu sebelum tindakan. Lengkaplah sudah penyiksaan ini.

Sekitar jam 4 sore, akhirnya dibawa ke ruang operasi. Sebuah ruangan dingin yang rasanya mencekam banget. Dikelilingin 3 dokter, dokter obgyn, dokter anastesi, sama dokter apa lagi 1 lagi lupa. Setelah dipasang alat-alat yang nggak tau kegunaannya apa aja dan emang nggak sempet nanya, tetau dokter anastesi ngajak ngobrol sambil suntik bius di selang infus. Seketika dunia gelap gulita..
Bius total ternyata.

Bangun-bangun pas denger suara adzan maghrib. Terus teriak-teriak kesakitan, kata mamase. Sakit, dingin, tapi nggak bisa ngapa-ngapain. Disuruh nunggu di ruang transit sampe sekitar 1 jam untuk diliat kondisinya gimana.

Jadi kalo ditanya, kuret sakit atau nggak, jawabannya NGGAK. Soalnya pas tindakan kita dibius total jadi nggak ngerasain apa-apa. Dan tindakannya pun katanya nggak lama. Cuma setelah biusnya abis baru deh dunia rasanya kayak porak poranda. Antara rasa sedih dan sakit berkoalisi menjadi satu kesatuan Indonesia Raya sodara-sodara!

Untuk biaya kuret di Kemang Medical Care sekitar segini:
Estimasi biaya kuret di KMC untuk yang rawat inap.
Karena dokternya minta kuretnya yang pasang laminaria, jadi biayanya pake yang ini.

Estimasi biaya kuret di KMC yang One Day Care (ODC).
Bedanya yang ODC sama yang nginep katanya penanganan untuk bikin kontraksinya. Kalo nginep pake laminaria, kalo yang ODC pake obat jadi lebih cepet. Tergantung apa kata dokternya sih kayaknya.

Sekali lagi, biaya di atas itu cuma estimasi. Ya, emang awalnya bikin shock sih pas pertama liat. Bikin dompet ingin menangis. Tapi kenyataannya nggak sampe segitu kok..

Kalo ditanya BO itu terjadi karena apa, dokter bilang karena mungkin emang lagi kurang bagus aja bibitnya. Jadi secara seleksi alam tubuh bakal mendeteksi adanya benda asing. Bisa pengaruh makanan, lingkungan, atau juga karena ada infeksi dari dalam. Gitu. Kalo nggak salah sih...

8 Hari setelah kuret cek lagi ke dokter udah bersih apa belum, dan alhamdulillah udah bersih. Kata dokter pun nggak perlu nunggu 3 kali siklus haid dulu untuk program hamil lagi. Cukup sekali aku merasa kegagalan cinta haid, setelah itu bisa program lagi. Dan Alhamdulillah cukup melewati 1 kali siklus haid, Allah udah ngasih kepercayaan untuk hamil lagi. Ya, walaupun akhir ceritanya belum bahagia. Tapi pasti Allah lebih tau yang terbaik buat hamba-Nya, kan?

Okeh, setelah ini insya Allah mau cerita tentang pengalaman IUFD alias kematian janin dalam kandungan. Tunggu ya, siapin mental dulu...


Wassalamualaikum


0 comments :

Post a Comment

Maaf, wanita cantik yang anda hubungi sedang berada di luar jangkauan. Silakan tinggalkan pesan anda. Atau kirimkan pulsa ke nomor baru saya. Jangan ditelepon. Saya sedang di rumah pak polisi. Terima kasih :)