Dear Jenderal..

SIAPA YANG SUKA MARTABAK ANGKAT TANGAAAAAN!
Wuiiiiiih....
Menurut hasil survey, 9 dari 10 orang Indonesia suka martabak.
Plis jangan tanya itu surveynya siapa.

Ngomong-ngomong soal martabak, beberapa hari yang lalu gue berhasil membuat suatu mahakarya yang sangat cetar membahana, yaitu martabak manis.
Ini terjadi karena tengah hari bolong ngeliat gerobak tukang martabak yang tergeletak tak berdaya di pinggir jalan.
Ya, jatuh cinta itu memang sederhana... *Apasih ki -_-*

Berbekal kesoktauan dan keberanian, gue pun mengumpulkan bahan-bahan.
Menurut resep yang gue baca sih kayaknya gampang bikinnya.
Iya, kayaknya.

Ceritanya martabak ala OTRL

Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat martabak manis menurut buku resep bonus beli Happy*piiip* Double Pan:

BAHAN:
350 gr tepung terigu
75 gr gula pasir
3 butir telur, dikocok sebentar
500 ml susu hangat
5 gr ragi instan
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam

ISIAN:
4 sdm susu kental manis
150 gr meses
100 gr keju cheddar, parut

Bahan-bahan Martabak
Yap, itu teorinya.
Aslinya mah pake the power of kira-kira.
Soalnya sebelum bikin udah diwanti-wanti ga boleh bikin banyak-banyak kalo ga enak takut ga ada yang makan.
Alhasil takarannya pun jadi serampangan.
Tepung terigunya secukupnya, gulanya seikhlasnya, susunya semampunya, dan bahkan untuk ragi sama baking powder gue malah masukinnya 1/2 sendok makan bukan 1/2 sendok teh gegara salah baca -_-
Untuk isiannya itu sih optional.
Kalo udah jago, boleh pake Nutella atau cokelat Toblerone biar kayak martabak gaul.
Tapi buat yang baru pertama nyoba, meses sama keju adalah pilihan yang tepat untuk menekan biaya produksi.
Bahkan saking pengen neken biaya produksi, keju cheddarnya gue ganti pake keju slice yang dipotong panjang-panjang.
Plis jangan tanya enak apa ga.

Oke lanjut ke cara pembuatan martabak manis yes..

CARA MEMBUAT:

  1. Campur tepung terigu, gula, ragi, baking powder, dan garam.
  2. Masukkan telur, aduk rata. Tambahkan susu hangat, aduk kembali. Tutup dengan lap. Diamkan adonan hingga mengembang selama 2 jam.
  3. Panaskan Happy*piiip* Double Pan dengan api sedang. Tuang adonan hingga menutupi bagian dasar Happy*piiip* Double Pan. Masak hingga setengah matang dan adonan berlubang-lubang. Tutup Happy*piiip* Double Pan. Masak hingga matang. Angkat.
  4. Potong martabak menjadi 2. Oleskan bagian dalamnya dengan margarine. Tuangkan susu kental manis, ratakan. Taburi meses dan keju pada salah satu sisi. Oleskan bagian luarnya dengan margarine. Angkat. Sajikan.

(untuk 6 orang)


NAH GAMPANG KAN...
Sekali lagi, ini cuma teorinya.
Ga harus diikutin banget banget.
Prakteknya mah nungguin adonan ngembang 2 jam itu malesin banget, jadi gue cuma nunggu 1 jam doang.

Alhamdulillah martabaknya jadi dan bisa dimakan.
Teksturnya sih udah martabak banget, cuma masih agak kurang manis dikit.
Kan.....apa gue bilang.
Gue tuh punya bakat masak asal ga sama kakak gue.

Hasil karya anak bangsa yang lainnya:

Ceritanya pancake ala MRZ, NJS, dan OTRL

Ceritanya Crepes pisang + apel + es krim ala MRZ, NJZ, OTRL, dan RR

Mau main masak-masakan ga? Yuk!
Salam kece,