Dear Jenderal..

Skripsi.
Es. Ka. Er. I. Pe. Es. I.
Satu kata yang terdiri dari tujuh huruf yang bisa merubah kehidupan normal kalian jadi ga normal.
Satu kata yang bisa bikin susah tidur, lupa makan, panas dalam, mual-mual, nangis sesenggukan, dan jerawatan.
Satu kata yang bikin waktu terasa jalan begitu cepat.
Satu kata yang bisa bikin para jomblo bersyukur ga punya pacar.

Sambil terus jalan, gue pengen tetep ninggalin jejak di sini.
Bukan mau mengabadikan lebih banyak memori, tapi cuma kasian aja sama yang kerjanya bolak balik ke blog ini nungguin postingan baru hahahaha.
Pasti kalian merindukanku kaaaan?
IYA KAN IYA KAAAAN??

Gambar Pinjeman

Walaupun jalan gue mulus-mulus amat, gue mau coba berbagi tips nih buat kalian yang lagi bergulat sama yang namanya skrispi yummy ulala cetar membahana itu.
Siap-siap ya..
Tarik napaaaaaaaaas....



TAHAAAAAAAAN....



BUAAAAAAAAAAAANG...



Tarik na...*PLAK! KELAMAAN KI!*

Oke oke maaf.
Berikut adalah tips mengerjakan skripsi ala kembarannya Laura Basuki:

1. NIAT
Ini hal yang amat sangat krusial. Satu kata yang bisa mematikan pergerakan. *eh? apaan sih ki?*
Yang namanya ngerjain skripsi tuh pasti banyak banget halangannya.
Dari yang males lah, ada yang ngajak main lah, nyasar ke folder film lah, nyasar ke sosial media lah, dan masih banyak lah-lah yang lain lah..
Tapi semua itu ga akan berpengaruh kalo kalian membentengi diri kalian dengan niat yang kuat. #tsaaah
Coba pas halangan itu dateng kalian inget kedua orang tua kalian, yang udah biayain kalian sampe sejauh ini.
Mereka ga bakal minta diganti uangnya, tapi mereka pasti pengen ngeliat anaknya pake toga.
Percaya deh :"

2. KERJAIN
Nah kalo udah punya niat, langsung deh kerjain skrispi yummynya.
Karena punya niat aja ga cukup bro.
Tetep harus dikerjain.
Seinstan-instannya mie instan kan juga ada prosesnya.
Sama kayak skripsi.
Ga instan.
Perlu banyak revisi dan air mata selama prosesnya.
Nikmatin aja :)

3. CARI TEMEN SEPERJUANGAN
Selain bikin semangat ngerjain, ini juga bisa jadi pengingat kita.
Gue sih nyebutnya pembimbing 3.
Di fase skripsi, kalian akan terbiasa sama yang namanya sendirian, ketinggalan, jatuh, bangun, jalan, lari, terbang, duluan, dll. Oke ini lebay.
Temen seperjuangan itu kayak saingan.
Saingan yang sehat tentu aja.
Bikin target bareng, saling nyemangatin, saling ngingetin.
Setidaknya bikin kamu ngerasa kalo kamu ga sendirian.
Tapi kalo kelak temen seperjuangan kalian jatuh terus memutuskan untuk istirahat sejenak, kalian jangan ikutan istirahat.
Tetep lanjutin perjalanan, tetep semangatin temennya biar nanti bisa sampe garis finish bareng-bareng :"

4. LIAT TEMEN YANG UDAH JALAN JAUH
Kalo untuk yang satu ini sebenernya rentan bikin galau nih.
Di satu sisi kita bisa jadi termotivasi untuk ngejar ketinggalan.
Tapi di sisi lain, kalo ga kuat mental, yang ada malah bikin ngedown.
Itu wajar kok.
Yang penting saat nge-down kalian ga lupa untuk nge-up lagi. *apaan sih ki -_-*

5. PASANG FOTO DOSEN PEMBIMBING
Dengan pasang foto DP jadi wallpaper di hape, harapannya sih bikin jadi ngerasa punya kewajiban untuk ngerjain skrispi gitu.
Selain itu bisa mengurangi tingkat ketakutan pas mau bimbingan hahahaha.
Serius loh.
FYI, di prodi pendidikan matematika itu dosen pembimbing ditentuin sama jurusan.
Jadi mau ga mau, suka ga suka, lo harus terima siapapun pembimbingnya.
Kalian pernah denger pepatah "jangan terlalu benci nanti malah jodoh"?
Jadi ceritanya gue pernah trauma sama satu dosen dari jaman semester 1, dan yunowat......
SEKARANG BELIAU JADI DP GUEEEEEEEEEH!!!
Ini namanya jekpot bro.
DP gue adalah dosen yang terkenal sangat perfeksionis di seluruh alam semesta.
*AMPUN BU AMPUUUUN >.<*

Terus DP gue yang satunya adalah seorang Pembantu Dekan yang ga usah dibayangin sibuknya kayak apa.
Beliau telah dinobatkan jadi orang tersibuk nomer 3 di Indonesia versi on the spot setelah pak SBY dan pakde Jokowi.
#AKURAPOPO

Cimitnya ucu aneeet >.<

6. BANYAK NANYA
Cari temen atau kakak tingkat yang sebimbingan.
Ini ibarat ngestalk gebetan gitu.
Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang dosen pembimbing kalian.
Mulai dari tipe bimbingan, pantangan, nyari lagu kesukaannya juga boleh.

7. BERDOA
Usaha maksimal juga harus diiringin sama doa.
Minta sama yang punya skenario hidup untuk diberikan kekuatan ngejalanin ini semua.
Ga perlu ngiri sama jalan orang lain.
Setiap orang punya jalan hidup masing-masing kok.
Kalo minta dimudahkan boleh ga sih?
Ya seterah sih, tapi akan lebih bijak kalo berdoanya ga ngatur-ngatur Allah.
Percaya aja kalo Allah pasti lebih tau yang mana terbaik buat hambaNya.
Tinggal kita berusaha semaksimal mungkin :)



Udah deh itu aja dulu.
Salam kece,