Pendidikan Matematika (Non Reguler) Billingual 2010 adalah semesta ‘manusia aneh’ yang terdiri dari dua himpunan, laki-laki dan perempuan. Jumlah ‘manusia aneh’ dalam semesta PM(NR)B 2010 adalah 28 orang dengan perbandingan laki-laki dan perempuan 1:3 (hal ini berbanding lurus dengan hasil penelitian yang menyatakan perbandingan laki-laki dan perempuan di dunia adalah 1:3 #inisumpahngarang). Kami adalah para calon guru yang tersandung kebijakan labil pemerintah dalam mengadakan pendidikan berbasis dua bahasa atau billingual. Oleh karena itu lah kami terus berusaha untuk selalu bersemangat menerima mata kuliah (terutama yang bernama analisis real) dalam dua bahasa yang terkadang membuat kami amat sangat menderita.

Life is never flat. Begitu pula dengan kondisi para anggota himpunan di semesta PM(NR)B 2010. Kepala suku kami, Dedy Irwanto, adalah orang yang paling memenuhi syarat untuk membimbing kami semua ke jalan yang (tidak) lurus. Manusia yang status facebook-nya pernah dibajak dengan kalimat “gue ganteng kharismatik” ini selalu optimis bahwa suatu saat ketampanan akan menghampiri dirinya, seperti layaknya david beckham atau pasha ungu yang justru makin tua makin ganteng, dia percaya bahwa suatu saat dia pasti akan berada pada puncak ketampanannya, dan itu entah kapan.

Abul Hasan Al Asyari, mirip Pasha Ungu kalo lagi pake kemeja kotak-kotak, manusia paling ganteng di kelas, tapi berhubung syarat masuk semesta ini adalah aneh, jadi kita anggap saja abul itu ganteng aneh. Tergila-gila dengan green peace membuatnya mengumpulkan semua kertas bekas milik kita, termasuk kertas gorengan gue tadi pagi.

Septi, Nova, Sulis, Diar adalah personil SNSD yang memiliki misi (menciptakan perdamaian dunia) menciptakan online shop terbesar di dunia, mereka memulai itu semua dengan membuat pages fb ‘Zinnia Shop’ dan rapat rutin di Mc Donalds. Perpaduan antara atlet anggar, istri penyanyi dangdut, pramugari, dan muslimah world membuat perkembangan usaha yang pesat. Usaha ini diperkirakan akan mendunia setelah anggota PM(NR)B 2010 dapat memecahkan soal Anril halaman 123 dari e-book yang dikasi bapaknya.

Ade merupakan manusia paling tengil yang pernah ada, apapun yang terjadi dia akan selalu tersenyum bahagia.

Anis, satu pesan darinya, jangan menaruh botol minum di bagian luar tas, karena kemungkinan besar minuman kita akan dimasukkan racun/obat tidur/apa saja yang membahayakan oleh orang-orang yang kurang kerjaan.

Aning. Ingin belajar bagaimana menjalani hidup ini dengan ceria dan tanpa beban? Ketik REG (spasi) HIDUP kirim ke 1234.

Mantan calon menantu kaprodi matematika yang satu ini (yang kadang mantan kadang calon, gue juga kurang tahu apa statusnya sekarang) adalah anggota paling modern diantara kami semua. Septianus, ketika teman-temannya masih mencatat menggunakan pulpen dan kertas, dia sudah mencatat di iPad miliknya.

Lelaki yang satu ini lahir pada tahun 345 SM, satu spesies dengan Irfan Hakim membuat naluri ke-bapak-annya bermanfaat bagi kita semua. Riky Rosari(o) mempunyai prinsip bahwa kita harus membully diri kita sendiri sebelum dibully orang lain. 

Selain Pasha Ungu, PM(NR)B 2010 juga memiliki Tompi KW 3, Muhammad Rayhan Zaky yang kerap di sapa Abang, adalah dokter cinta bagi semua perempuan di kelas, dia di duga memiliki hubungan khusus dengan sepupunya.

Zaki itu ibarat air di gurun sahara, dia adalah korban jika kita tidak tahu lagi harus berbuat apa terhadap permasalahan matematika.

Cah purbalingga. Butuh berjuta keikhlasan dan kesabaran bagi diri seorang Nanda karena harus terdampar 
di himpunan ini.

Helma. Sosok misterius yang satu ini pasti membuat kita tak mampu berkata-kata.

Cinderella, Princess Jihan, dan tokoh imut lainnya selalu mengingatkan kita akan OTRL. Menuliskan namanya terlalu panjang untuk tulisan ini. Ingin mengetahui nama asli dan karakter diri otrl lebih dalam? Kunjungi otrl.blogspot.com.

Selain memiliki misi -menciptakan perdamaian dunia-, beberapa anggota semesta ini juga memiliki misi melestarikan budaya bangsa. Inez, Rinan, dan Puput adalah anak yang gemar (bermain) menari saman bersama-sama. Apapun yang terjadi, mereka akan selalu berjuang untuk terus melestarikan budaya Indonesia. Luar biasa.

Jika kita punya Septianus di himpunan laki-laki, maka kita akan menemui Fara di himpunan perempuan. Dia adalah satu-satunya anggota himpunan perempuan yang mengendarai CBR ke sekolah saat SMA.

Kuningan, emas, dan tembaga adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. (oke, sorry salah topik). Kuningan, adalah nama daerah dimana neng geulis yang satu ini berasal. Iis Ismayati, padanan kata yang berulang pada namanya cukup membuktikan bahwa dia asli sunda.

Selain Pasha dan Tompi, ternyata kita masih memiliki Marshanda KW 3 (kok jadi banyak artisnya -_-). Maulidina Nisa Nurayunidiar, panggil saja Niar, kerap disapa bundablis (bunda iblis) karena takdir wajah cantik nan jutek yang dimilikinya, sudah senyum pun akan terlihat jutek bagi orang yang pertama kali melihatnya. 

Tiga tahun bersamanya cukup membuat kita selalu bertanya-tanya dia berasal darimana. Tanti. Silahkan kalian bertanya kepada Tiara seperti apa rasanya satu kosan dengan Tanti dan kenapa Tiara selalu tertawa.

Rina tidak akan pernah bertambah berat badannya sebanyak apapun makanan yang ia makan. Jadi kita tidak perlu repot-repot sakit hati untuk iri dan dengki.

Ketengilan anggota yang satu ini satu tingkat di bawah Ade. Ayunda, dia adalah satu-satunya anggota himpunan yang amat sangat pantas memakai baju putih-biru.

Asri itu diam-diam begitu cuma di dunia nyata. Ga percaya? Lihatlah dunia mayanya.

Dhoni. Dia terlalu cepat meninggalkan kita. Mungkin dia sudah tidak tahan dengan semesta dengan dimensi ke-n ini.

Dan saya, hanyalah manusia biasa yang kerap terharu ketika mendengarkan Perfectnya Simple Plan.

Tulisan ini terinspirasi dari Seminar Skripsi yang diadakan oleh BEMJ Matematika UNJ, dengan adanya acara tersebut gue semakin sadar bahwa kita sudah hampir menjadi kakak tertua di kampus a.k.a angkatan terakhir. Selamat berjuang kawan, semoga kita ... gue bingung, sudahlah, kalian berdoa sendiri-sendiri saja. 

Terimakasih.


Titia Rakhmawati