Pasca Melahirkan: Kata Orang Tua vs Kata Dokter vs Penerapannya

Feb 22, 2019

Pasca Melahirkan: Kata Orang Tua vs Kata Dokter vs Penerapannya


Assalamualaikum

Hae.
Kata orang kalo lagi hamil auranya bersinar cerah secerah mentari pagi. Lain halnya sama ibu-ibu yang baru melahirkan. Auranya awur-awuran. Berantakan. Belum lagi kalo lagi mood swing, lengkaplah sudah..

Setelah melahirkan, tentunya badan kita mengalami banyak perubahan. Sebagai orang biasa, jangan bayangin setelah melahirkan bisa sekece artis-artis di instagram. Kenyataannya emang kita masih harus berjuang, sodara-sodara sebangsa dan setanah air.

Pasca melahirkan bayi IUFD, selain pabrik susu harus dibebat kenceng, ada perawatan lain yang kudu dijalanin. Tapi berhubung yang punya blog ini orangnya rada ndableg ya, jadi ndak semuanya diturutin. Apa aja sih perawatannya?


Ini dia...


1. Mandi sebelum subuh + guyurin kepala
Kata orang tua dulu, mandi sebelum subuh + guyurin kepala supaya darah putih ndak naik ke kepala. Biar mata ndak rusak, ndak bengep, sayu, keliatan lebih tua. Mandinya pun ndak boleh pake air anget. Yap, itu adalah ilmu yang diwariskan secara turun temurun tujuh turunan delapan tanjakan yang sebenernya ndak salah-salah amat sih. Karena sebenernya mandi pagi + guyurin kepala itu tujuannya biar aliran darah lancar, badan seger, mengurangi stres, dan jadi bisa lebih sehat, gais..

Source: id.wikihow.com


2. Dilarang keras tidur sebelum dzuhur
Dengan alasan yang sama seperti poin satu di atas, tidur sebelum dzuhur setelah melahirkan dilarang keras! (pake tanda pentung biar serem). Lagi-lagi karena takut darah putih naik ke kepala. Kenyataannya itu cuma MITOS doang kok.

Padahal kalo abis lahiran tuh ya bawaannya ngantuk. Lemes. Butuh banyak istirahat dan dukungan dari semua orang untuk pemulihan. Apalagi buat buibu yang harus mengASIhi. Kebayang deh perjuangannya gimana..

Nyuri-nyuri bobo pas sambil duduk ndak papa deh kali ya. He....

Source: id.wikihow.com


3. Jangan makan ikan, telur, dan daging
Nanti jahitannya ndak kering-kering katanya. Selain itu darah nifasnya jadi amis. Padahal kata dokter ibu-ibu yang habis melahirkan justru butuh banyak asupan bergizi untuk recovery.

Jadi makan aja gais..

Source: id.wikihow.com


4. Duduk kaki kudu lurus rapet dan kaki jejeg ke lantai
Ini adalah salah satu hal yang cukup menyiksa. Kalo duduk kaki mesti lurus rapet ndak boleh tumpang tindih supaya aliran darah lantjar djaya dan robekan ndak lari kemana-mana (katanya). Selain itu kaki kudu jejeg ke lantai dan ndak boleh jijit atau gantung supaya ndak bengkak.

Ndak boleh kebanyakan jalan juga katanya. Padahal kata suster sama dokter mah aktivitas kayak biasa aja biar cepet sembuh..

Source: id.wikihow.com

5. Tidur pake bantal tinggi + kaki lurus jangan ditekuk
Buat kita-kita yang menganut aliran tidur tanpa bantal, suka ndak suka, mau ndak mau, diwajibin pake bantal dan tidur dengan kaki lurus. Kalo ndak diturutin niscaya nanti akan ada ceramah dadakan.

Pake bantal lagi-lagi katanya biar darah putih ndak naik ke kepala. Lagi lagi masalah darah putih naik ke kepala hufffftt... Sekali lagi, ini cuma MITOS ya. Terus kaki jangan ditekuk supaya ndak bengkak. Kalo yang ini setuju aja sih supaya aliran darahnya lancar.

Source: id.wikihow.com


6. Minum jamu
Katanya biar badannya seger, ASInya lantjar djaya. Tapi berhubung saya IUFD, jadi yang satu ini diskip.

Apa itu IUFD? KLIK SINI!

Source: id.wikihow.com


7. Tapel, pilis, param
Tapel itu adalah racikan kapur sirih dan dan jeruk nipis yang kemudian dioleskan di perut. Berdasarkan kepercayaan orang tua jaman dulu, ini berfungsi untuk mengecilkan perut yang penuh dengan gelambir-gelambir gemas pasca melahirkan. Duh jangan ditanya deh rasanya gimana. Tersiksaaaaaa..

Perpaduan antara panas, gatel, cekit-cekit. Alhasil cuma pake tapel ini sekitar 2 minggu itu pun ndak rutin karena perut bukannya kurus malah lecet-lecet. Hiks.

Kalo emang ramuan ini bisa bikin kurus, mestinya bapak uwe yang punya tas pinggang permanen juga disuruh pake ini ya..
*Plak! Durhaka kamu, nak!*

Source: id.wikihow.com

Sedangkan pilis itu untuk ngurangin pusing. Ditempel di jidat. Kalo param untuk pijet-pijet ngurangin bengkak. Konon katanya rasanya panas di kulit tapi bisa membantu melancarkan aliran darah. Dua items ini ndak dipake karena ndak suka aja.


8. Stagen alias bengkung alias gurita alias korset alias pengikat gelambir-gelambir gemas

Source: id.wikihow.com


Aaaaaaand... The last one is stagen / bengkung / gurita. Yang masih sangat amat dipercaya sampe sekarang bisa untuk mengecilkan perut. Bahkan modelnya makin macem-macem aja loh sekarang. Dari yang murah meriah sampe yang branded ada di emol-emol.

Sejatinya penggunaan stagen dan temen-temennya ini hanya kepuasan sesaat aja, gais.. Mungkin bisa membantu kalo mau pergi dan pengen gelambir-gelambir gemes di perut tertutup. Tapi untuk penggunaan terus menerus ndak disarankan. Selain bikin sesak dan dan ndak nyaman, itu juga ndak bisa bikin kurus.

Buat ibu-ibu yang menyusui, pasti pernah denger kan menyusui bikin langsing lagi? Nah cara lainnya tidak lain tidak bukan adalah dengan OLAHRAGA. Bisa dimulai dari yang ringan dulu. Cari di yutub 'postnatal / post partum workout'. Nanti kalo dirasa udah kuat, bisa lanjut yang lebih seru lagi. Misal dance cardio, zumba, HIIT cardio yang emang terkenal efektif ngebakar lemak lemak lucu. Cukup 30 menit aja dirutinin setiap hari.


A: Dokter, kenapa ya saya kalo olahraga bawaannya malah laper terus.

D: Ya harus diatur asupannya. Kalo laper ganti cemilannya pake buah. Kalo malem hindari karbo.



Tips menurunkan berat badan lain yang lumayan efektif adalah mengganti sarapan dengan sereal atau bubur gandum dan banyak minum air putih. Ini jauh lebih efektif ketimbang pake pengikat gelambir-gelambir gemas terus-terusan.
Serius deh.

 
Wassalamualaikum

0 comments :

Post a Comment

Maaf, wanita cantik yang anda hubungi sedang berada di luar jangkauan. Silakan tinggalkan pesan anda. Atau kirimkan pulsa ke nomor baru saya. Jangan ditelepon. Saya sedang di rumah pak polisi. Terima kasih :)