Pernah salah manggil orang?
Pernah ngerasain malu setengah mati?
Pernah ngerasa pengen ngilang dari muka bumi?

Saya pernah.


Kejadian ini terjadi pada hari Rabu, tepatnya tanggal 16 Februari 2011, bertempat di kampus tercinta, waktunya sekitar pukul 18 kurang dikit.

Jadi gini ceritanya, kemaren, selese syuro pra reform, ditemani oleh titik-titik hujan yang turun membasahi bumi, gue melangkahkan kaki menuju parkiran dengan hati riang dan tanpa beban.
Udah tau lagi sering ujan, eh gue malah lupa bawa jas ujan. Yaudahlah ya, gue seneng ujan-ujanan kok.
Soalnya kalo lagi ujan gue bisa pipis sembarangan tanpa perlu takut dimarahin orang.

Oke gue gak lagi mau ngebahas masalah itu.

Abis ngambil om blade, gue langsung pergi.
Baru jalan sebentar dari parkiran, eh ada kakak-kakak tingkat. Sebenernya, sejujurnya, dan sesungguhnya, diriku lupa itu siapa namanya, tapi ya kalo gak nyapa kayanya gimanaaaaa gityu ya..
Yauda gue bilang aja," Kak, duluan ya kak."
Itu yang paling aman lah. Daripada gue nyebut nama terus salah kan.

Baru jalan beberapa detik, eh di depan ada 2 sosok orang yang 'SEPERTINYA' gue kenal. Sebut saja upin dan ipin.


Yauda langsung aja gue teriak dengan sangat pedenya, " Upin! Ipin! Duluan ya." kata gue sambil nengok ke dua orang itu.

Dan begitu gue liat dua orang itu...

ALAMAKJAAAAAAANG!!!


Kok Upin ama Ipin mukanya berubah ya?
Apa mata gue yang lagi seliweran?
Apa ini efek air ujan?
Apa jangan-jangan mereka ganti muka?

Ah gak  mungkin.

Gue sempet terbengong-bengong selama beberapa detik. Dari muka gue yang masih senyum-senyum najong ampe senyum-senyum cengo nahan malu.





Dan begitu gue sadar, TERNYATA GUE SALAH ORANG!!


Kambing!


Tiba-tiba aja gue ngerasa pengen ngilang dari bumi ini.
Tiba-tiba aja gue ngerasa frustrasi dan malu abis.
Tiba-tiba aja gue lupa gue siapa, gue dimana, gue anaknya siapa.
Tiba-tiba aja gue ngerasa pengen ikut SNMPTN lagi (?)

Yap, dari kejadian itu, gue bisa mengambil kesimpulan bahwa salah manggil orang bisa menimbulkan sakit kejiwaan yang cukup mengkhawatirkan. Apalagi kalo ampe stres, terus gak mau kuliah, terus gak mau makan, gak mau mandi, jadi gila, atau yang paling parah adalah bunuh diri. Hiii serem..
Untung aja kondisi kejiwaan gue sekuat baja dan setangguh karang.



TIPS SEBELUM MENYAPA ORANG :

1. Pastikan baik-baik apakah orang yang akan Anda sapa adalah orang yang tepat. Cek mukanya, namanya, tempat tanggal lahirnya, nama bapaknya, ibunya, makanan favoritnya, minuman favoritnya, yaaaah semuanya lah. Pastiin kalo itu semua bener dan GAK SALAH.


2. Sebelum nyapa, usahakan berdoa dan menarik napas sedalam-dalamnya. Usahakan Anda berada dalam posisi yang rileks dan santai.

3. Pastikan kuku jari kaki dan tangan Anda sudah dipotong. (iya gue tau gak ada korelasinya)

4. Jika Anda salah manggil nama orang, jangan langsung kabur. Usahakan tetep santai, dan jangan panik. Biar gak ketauan salah manggil. Senyum aja. Tapi sambil terus jalan dan langsung buang muka. Jangan sampe orangnya inget muka lo, atau inget warna tas lo, atau inget sepatu lo, atau inget bau badan lo. Karena itu pasti bakal menimbulkan malu yang berkepanjangan.